Pengenalan awal Psikologi Pertumbuhan

Salam sejahtera semuanya,setelah postingan saya tentang 'Introduction Psychology' , kini saya akan membahas sedikit tentang Psikologi Pertumbuhan .

apa itu perkembangan dan apa itu Pertumbuhan
?

Tujuan perubahan perkembangan adalah realisasi diri (aktualisasi diri)

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut , mari kita lihat apakah definisi dari pertumbuhan dan perkembangan itu ,
Pertumbuhan adalah Bertambahnya ukuran fisik dan struktur tubuh, sebagian atau keseluruhan, sehingga dapat diukur dengan satuan panjang dan berat . Sedangkan Perkembangan adalah  Bertambahnya struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam kemampuan motorik (halus dan kasar),bicara,bahasa serta sosialisasi dan kemandirian . Perkembangan merupakan hasil interaksi kematangan susunan syaraf pusat dengan organ yang dipengaruhinya

Definisi:
·         Deteksi = pemeriksaan=penyaringan=screening
·         Screening : tindakan untuk mengenali problem yang belum jelas.
·         Diagnostik Evaluation : diagnostik yang lebih berupa prosedur untuk melihat ketentuan  administrasi dengan menggunakan instrumen yang baku,proses diagnosa.
·         Assesment : pada tahap ini kita sudah mulai melakukan evaluasi terhadap fungsi atau aspek-aspek pada individu,untuk memberikan treatmen



Definisi Deteksi Dini
Deteksi adalah Suatu prosedur untuk memonitor,mengikuti,mengenali seawal mungkin sesuatu yang mungkin dianggap menghambat proses perkembangan yang dilakukan oleh orang yang profesional di bidangnya.
Hal-hal yang dideteksi :
·         Penyimpangan pertumbuhan
·         Penyimpangan perkembangan anak
·         Penyimpangan mental emosional





Dan Berikut adalah Ciri- ciri tumbuh kembang anak :

1.    Perkembangan menimbulkan perubahan
2.    Pertumbuhan dan perkembangan pada tahap awal menentukan perkembangan selanjutnya
3.    Pertumbuhan dan perkembangan memiliki kecepatan yang berbeda
4.    Perkembangan berkorelasi dengan pertumbuhan
5.    Perkembangan mempunyai pola yang tetap
6.    Perkembangan memiliki tahap yang berurutan



Perkembangan fungsi organ tubuh terjadi menurut 2 hukum,yaitu:
1.    Perkembangan terjadi lebih dahulu di kepala kemudian setelah itu baru menuju ke arah anggota tubuh
2.    Perkembangan terjadi lebih dahulu di daerah proksimal (motorik kasar) baru kemudian ke bagian distal (motorik halus)

Prinsip Tumbuh kembang
·         Perkembangan merupakan hasil proses kematangan dan belajar
·         Pola perkembangan dapat diramalkan


  

Berikut adalah Faktor-faktor  yang mempengaruhi tumbuh kembang anak
1.    Faktor internal
·         Faktor Internal : Ras/etnik/bangsa , Keluarga ,Umur ( Kecepatan pertumbuhan yang pesat adalah pada masa prenatal,tahun pertama kehidupan dan remaja) , Jenis kelamin ( Perkembangan fungsi reproduksi wanita lebih cepat daripada laki-laki,tapi setelah melewati masa pubertas,pertumbuhan laki-laki akan lebih cepat ), Genetik ( Potensi anak yang akan menjadi ciri khasnya. ) , Kelainan kromosom
2.    Faktor ekternal ;
Kondisi dalam kandungan : Faktor prenatal sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jika nutrisi dalam kandungan tercukupi, maka anak akan tumbuh dengan baik. Sebaliknya jika gizi yang diterima sejak di kandungan tidak tercukupi, anak akan mengalami hambatan dalam pertumbuhannya seperti berat badan yang kurang, perkembangan otak terhambat, dan anemia pada saat bayi baru lahir. Lamanya bayi dalam kandungan juga mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan bayi.
Kasih saying : Perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh kasih sayang yang diberikan orang tua pada si anak. Kasih sayang yang cukup akan membuat anak lebih mudah berkembang dan cenderung lebih cerdas. Hal ini terjadi karena stimulasi lingkungan yang baik dapat menambah lapisan otak dan jumlah sinaps dan lapisan kapiler di otak. Sedangkan jika anak terlalu banyak dibentak dan kurang menerima kasih sayang, saraf-saraf di otak akan mengalami gangguan perkembangan bahkan beberapa putus sehingga menyebabkan anak menjadi lamban dan perkembangannya tidak optimal.
Lingkungan social : Lingkungan sosial dan pendidikan yang baik dapat membentuk kepribadian yang baik pada anak. Sebaliknya lingkungan yang buruk juga akan menghambat perkembangan anak dan bahkan menjadikan anak mengalami gangguan mental. Oleh karenanya, untuk menjadikan anak berkembang secara optimal anak juga membutuhkan lingkungan yang kondusif untuk perkembangannya.


Beberapa Aspek Perkembangan yang dipantau :
·         Motorik kasar dan halus
·         Kemampuan bicara dan bahasa
·         Sosialisasi dan kemandirian

Periode tumbuh Kembang anak
·         Masa Pra Natal
·         Masa Bayi (o-11 bulan)
·         Masa Balita (11 bulan – 5 tahun)
·         Masa Pra Sekolah (5 – 6 tahun)


Masa Pra Natal dibagi 3 periode
1.Masa zigot (konsepsi- kehamilan 2 minggu)
2.Masa embrio (kehamilan 2 – 8/12 minggu) :Ovum jadi embrio,terjadi diferensiasi yang berlangsung cepat,terbentuk sistem organ dalam tubuh

3.Masa Janin (kehamilan 9/12 minggu sampai akhir kehamilan), terdiri 2 periode:

-       Masa fetus dini ( kehamilan 9 minggu – trimester 2) : terjadi percepatan pertumbuhan,badan sempurna
-       Masa fetus lanjut (trimester akhir) : Pertumbuhan pesat disertai perkembangan fungsi-fungsi

Masa Bayi (o-11 bulan) dibagi 2 periode:

1.    Masa neo Natal ( 0- 28 hari) : Terjadi adaptasi terhadap lingkungan dan terjadi perubahan sirkulasi darah,serta mulainya fungsi-fungsi organ

2.    Masa post neo natal (29 hari-11 bulan) : Terjadi pertumbuhan yang pesat dan proses pematangan berlangsung secara terus menerus terutama meningkatnya fungsi sistem syaraf.Bayi diberi ASI ekslusif selama 6 bulan penuh.



Masa Balita (11 bulan – 5 tahun)
-       Kecepatan pertumbuhan menurun tapi terdapat kemajuan dalam perkembangan motorik serta fungsi ekskresi
-       Perkembangan kemampuan bicara,kreativitas,kesadaran sosial,emosional,intelegensia sangat cepat
-       Perlu mulai ditanamkan moral dan dasar-dasar kepribadian


Masa Pra Sekolah (5 – 6 tahun)
-       Pertumbuhan berlangsung stabil
-       Lingkungan dalam rumah dan sekolah mulai banyak diperkenalkan
-       Untuk masuk sekolah,sistem panca indera,reseptor penerima rangsangan serta memori harus siap
-       Proses pembelajaran dengan bermain
-       Aktivitas jasmani,ketrampilan dan berfikir meningkat


Further Reading :
Y. Joko Dwi Nugroho,S.Psi,M.Psi,Psikolog : ppt pertumbuhan dan perkembangan anak

http://blogmedia.web.id/1402/faktor-internal-dan-eksternal-perkembangan-anak/

Komentar

Postingan Populer